Kenali Homeschooling Dan Perbedaannya Dengan Sekolah Formal, Orang Tua Wajib Tahu!

Pendidikan adalah jenjang yang harus dilalui oleh semua orang, karena ia menjadi modal penting untuk kehidupan yang lebih baik agar dapat mencapai dan harapan di masa depan. Tidak heran jika sekarang banyak orang berlomba menganyam pendidikan setinggi mungkin dan negara mewajibkan mengikuti pendidikan. Berikut adalah pejelasan mengenai Homeschooling beserta dengan perbedaan dengan sekolah formal.

Pengertian Homeschooling

Di zaman modern seperti sekarangini kita mengenal istilah homeschooling. Istilah yang berasal dari bahasa Inggris ini artinya adalah sekolah rumah. Awal mula sistem pendidikan ini berakar dan dan tumbuh di Amerika serikat. Sebutan lainnya adalah home based learning, home education atau sekolah mandiri.

Sekolah rumah sebenarnya sudah ada sejak dulu, banyak tokoh-tokoh dunia yang melakukan pendidikan di rumah. Homeschooling dilakukan di bawah bimbingan orang tua dan guru pembimbing artinya keluarga memilih bertanggung jawab atas pendidikan anaknya dengan menjalankan pendidikan atau menggunakan rumahnya sebagai basis pendidikan. Di sekolah rumah orang tua terlibat langsung dalam menentukan proses pendidikan, menentukan arah dan tujuan pendidikan itu sendiri.

Perbedaan Dengan Sekolah Formals

Ada perbedaan antara homeschooling dan sekolah formal, salah satu contohnya adalah dari proses belajar mengajarnya. Di sekolah formal proses belajar mengajarnya berdasarkan aturan yang sudah ditetapkan. Karakter pembelajarannya baku. Sedangkan di homeschooling jadwal proses belajarnya bisa disesuaikan dengan keinginan dengan alasan dapat membuat pelajar belajar dengan suasana hati yang mendukung.

Perbedaan lainnya seperti yang sudah dijelaskan di pengertian sekolah rumah, yaitu peranan orang tua sangat dituntut, tidak hanya memilih materi pendidikan, namun juga harus melaksanakan pelajaran dan ujian bagi anaknya hal ini harus dilakukan karena menjadi syarat mendapatkan sertifikat. Dan sertifikat tersebut dapat digunakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Perbedaan yang sudah dijelaskan tersebut hanya sebagian dari perbedaan lainnya. Homeschooling dan sekolah formal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan adanya perbedaan-perbedaan tersebut, orang tua bisa memilih jenis pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya, salah satunya dengan yang dilakukan oleh www.anakpanah.sch.id.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan perbedaan sekolah rumah dengan sekolah formal. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *