Homeschooling bisa di terima di perguruan tinggi negeri !

Homeschooler dapat di terima di perguruan tinggi negeri dan swasta !

Peserta Homeschooling atau Cyberschool yang menempuh dan mengikuti ujian non formal yang pelaksanaan waktunya bersamaan dengan sekolah formal, tetapi waktunya berbeda sekolah formal pagi hari dan non formal atau homeschooling siang harinya, nilai kelulusan dan ijasah ke lulusannya berlaku secara nasional yang tetap bisa digunakan untuk mendaftar kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS)

Dengan catatan penting : Asalkan peserta didik yang mendaftar memenuhi persyaratan yang ditentukan sekolah yang dituju.

Persyaratan yang dimaksud, antara lain :

Untuk peserta didik lulusan kesetaraan SD yang ingin sekolah di SMP atau SMA negeri, usianya harus sama dengan siswa pendaftar SMA, yaitu sekitar 15-16 tahun.Nilainya pun harus memenuhi persyaratan untuk masuk ke SMA Negeri. Tidak ada syarat lainnya.

untuk peserta didik lulusan kesetaraan C yang ingin sekolah di Perguruan Tinggi Negeri wajib mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi yang dituju dan jalur mandiri. Peserta didik dengan ijazah kesetaraan tidak bisa ikut Seleksi Nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) sebab SNM PTN hanya diselenggarakan untuk pendidikan formal tetapi masuk melalui jalur SBM PTN dan Jalur Mandiri.

Ijazah Bisa Dipakai Hingga ke Luar Negeri

Homeschooler dapat di terima di perguruan tinggi negeri dan swasta : Untuk ujian Nasional Kesetaraan khusus homeschooling (UNPK), dilakukan online dengan Dinas Pendidikan Tangerang Selatan. Khusus di Primagama dilakukan secara Video Conference (untuk pengawasannya). Dan hasilnya dikirim ke Asah Pena (Asosiasi Rumah dan dan Pendidikan Alternatif) di Tangerang Selatan. ”Ketua Asah Pena Kak Seto, dia juga pemilik Homeschooling Kak Seto (HSKS) dibeberapa daerah. Untuk ujian ini, siswa mendapatkan ijazah Non Formal.

Selain itu siswa homeschooling anak panah juga dapat mengikuti ujian dalam standar internasional. Karena anak panah telah bekerjasama dengan Center of Cambridge yang memungkinkan siswa mengikuti sertifikasi dalam Cambridge International Examination. Cambridge International Examinationa adalah sebuah sertifikasi bertaraf Internasional yang dikeluarkan oleh Universitas of Cambridge, Inggris dimana sebagian besar universitas besar di seluruh dunia menerima hasil ujian AS Level dan A Level sebagai prasyarat untuk masuk ke universitas. Karena itu, siswa yang mengikuti ujian ini bisa memili ijazah Internasional. ”Tiga ijazah tadi, bisa dipilih dan disesuaikan dengan kemapuan siswa,”kata Gusrizal

Perlu digaris bawahi Homeschooler dapat di terima di perguruan tinggi negeri dan swasta : Yang membedakan antara ijazah paket dan pendidikan formal hanya tanda tangan. Jika ijazah pendidikan formal ditandatangani kepala sekolah, ijazah kejar paket ditandatangani kepala dinas pendidikan kota/kabupaten setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial