Apakah Cyber Homeschooling itu ?

Dalam artikel ini kita akan membandingkan pendidikan homeschooling dan cyberschool untuk membantu orang tua yang sedang mempertimbangkan mendidik anak-anak mereka di rumah untuk memilih struktur yang akan paling cocok untuk keluarga mereka.

Pada kegiatan homeschooling (tradisional) Orangtua memegang kendali dan tanggung jawab penting dalam kegiatan “sekolah” setiap hari. Orangtua yang bertanggung jawab untuk ;

  • menyusun jadwal mata pelajaran,
  • mengajar pelajaran,
  • membuat bahan subjek.
  • mengatur area belajar , dll

Pada umumnya ; praktisi homeschooling memilih RUMAH sebagai tempat aktifitas homeschooling nya sehari-hari. Jadwal kegiatan “sekolah” dimulai dan berakhir pada waktu yang sama setiap hari. Dalam hal ini ; perlu koordinasi dan kesepakatan yang baik antara orangtua dan anak-anak.

Sebagai praktisi Homeschooling (tradisional), orang tua dituntut kreatif dan aktif mencari dari berbagai sumber tentang ; kurikulum , rencana belajar, bagaimana cara mengatur area kelas dan kegiatan di luar. Hal ini juga bisa terbantu jika sering bertukar pikiran dengan sesama orangtua praktisi homeschooling.

Keuntungan menjadi Homeschooler adalah ;

  • orangtua dapat mengontrol informasi yang di akses oleh anak-anak dan ada
  • banyak hal-hal yang fleksibel yang bisa dilakukan bersama keluarga ,
  • sangat membantu bagi keluarga yang sering bepergian atau berpindah tempat.
  • bisa membantu siswa yang punya gaya belajar yang unik, karena mereka dapat melakukan penyesuaian yang membantu mereka mencapai lingkungan belajar yang optimal.

Tetapi…. Bagaimana jika orangtua belum siap dan belum diperlengkapi Materi dan Sarana untuk mengajar anak-anaknya ?

Bagaimana jika ada materi pelajaran yang tidak dikuasai oleh orang tua sehingga anak membutuhkan pengajaran dari mereka yang lebih mengerti / lebih profesional ?

Cyber school

Hari ini, pendidikan online dapat memberikan alternatif bagi orang tua yang ingin mengajar anak mereka di rumah, tetapi lebih memilih untuk mendapatkan bantuan dalam memberikan arahan kepada anak mereka. Orang tua juga mendapatkan akses ke pendidik profesional yang dapat membantu anak mereka dalam menguasai pelajarannya.

Pendidikan online masih merupakan bidang yang cukup baru. Sejak awal 2000-an, pendidikan online telah menjadi bidang yang berkembang, dengan tingkat pertumbuhan tahunan 2-8 %. siswa secara online mendapatkan manfaat dididik di rumah dari segi :

  • fleksibilitas. Siswa yang sering bepergian dapat tetap belajar dimana saja tanpa kuatir ketinggalan pelajaran.
  • Materi pelajaran dapat diakses berulang kali jika belum paham dalam suatu materi dapat mempelajari nya tanpa batas waktu.
  • Materi pelajaran sudah melalui proses “penggodokan” matang oleh para guru professional sehingga pastinya ditujukan agar mudah dipahami oleh siswa. Kurikulumnya sesuai dengan yang diberlakukan pemerintah.
  • Siswa menerima dorongan tidak tertinggal di kelas mereka dan memiliki kebebasan untuk belajar pada kecepatan mereka sendiri.
  • Siswa yang membutuhkan dukungan lebih individual dapat mengulang-ulang menyaksikan materi sampai paham. .

Menyediakan pendidikan bagi anak-anak adalah tanggung jawab dan hak istimewa.

Membuat keputusan yang tepat untuk pendidikan anak Anda sulit. Hal ini penting untuk melihat ke dalam pilihan yang berbeda, mengajukan pertanyaan, dan berdoa tentang keputusan yang penting. Jika Anda tertarik untuk belajar lebih banyak tentang pendidikan online. By. GeP.anakpanah.sch.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial