Tips Mendapatkan Biaya Homeschooling Murah

Di era modern ini semakin banyak orang tua yang mulai mempertimbangan sekolah rumah atau homeschooling untuk pendidikan anak-anaknya. Namun banyak pula yang ragu-ragu untuk memilih model pendidikan ini, salah satunya karena khawatir biayanya menjadi lebih mahal. Berikut adalah tips mendapatkan biaya homeschooling murah.

Hemat Biaya Buku

Homeschooling bisa menghemat pengeluaran anda untuk pembelian buku, karena anda bisa mendapatkan materi pelajaran dari berbagai sumber di internet. Saat ini ada banyak situs pendidikan yang menyediakan materi online yang bisa diunduh dengan gratis.

Selain itu, biaya homeschooling murah juga bisa didapatkan apabila orang tua cukup kreatif memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita sebagai bahan pembelajaran. Misalnya belajar tentang biologi tanaman dengan berkebun, belajar tentang pengelolaan sampah dengan mempraktekkannya langsung di rumah, dan sebagainya.

Hemat Biaya Seragam

Mengingat pendidikan ini dilaksanakan di rumah, maka anak-anak tidak perlu mengenakan seragam sekolah. Anak-anak bisa tetap mengenakan pakaian mereka sehari-hari sembari belajar dengan nyaman.

Hemat Uang Saku

Uang saku anak-anak jaman sekarang semakin besar, terutama dengan semakin banyaknya jenis makanan kecil dan mainan yang dijual oleh para pedagang di sekitar sekolah. Belum lagi resiko kesehatan karena makanan-makanan tersebut tidak sehat dan kurang higienis. Dengan belajar di rumah, anak-anak tidak perlu lagi uang saku, dan camilan sehat bisa disiapkan oleh sang ibu. Bahkan anak-anakpun bisa mendapatkan pengalaman cooking class dengan membantu menyiapkan makanan di dapur.

Hemat Uang Transport

Sekolah yang jaraknya lumayan jauh dari rumah tentu akan membuat biaya transport besar. Biasanya anak-anak naik kendaraan umum untuk pergi ke sekolah, atau menggunakan jasa antar jemput, atau juga diantar jemput orang tua. Bagaimanapun, ada biaya bensin yang dikeluarkan setiap harinya untuk perjalanan ini, dan nilainya tidak sedikit ketika dikalkulasikan di akhir bulan.

Namun dengan bersekolah di rumah, biaya homeschooling murah bisa didapatkan karena anak-anak tidak perlu keluar setiap harinya. Tentu anak-anak tetap harus diajak keluar rumah sesekali untuk bersosialisasi dan belajar pengetahuan di luar rumah, namun karena tidak dilakukan setiap hari maka biayanya pun akan lebih terjangkau.

Untuk berkonsultasi lebih jauh tentang biaya homeschooling murah, silakan hubungi https://anakpanah.sch.id ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial