Kartini’s Day@Anak Panah Preschool Daycare

Pada tanggal 29 April 2016 , Anak Panah Preschool dan Daycare merayakan hari Kartini. Berbeda dengan perayaan Kartini pada umumnya, perayaan Kartini kali ini bertepatan dengan Tema Pelajaran : Negeriku. Dalam sebulan ini sudah dipelajari tentang Indonesia mulai dari Lambang Negara, Lagu Kebangsaan, Apa itu Pahlawan, Dasar Negara,dll dengan format permainan, cerita multimedia dan kreatifitas.

Jadi perayaan hari Kartini ini juga merupakan salah satu sarana belajar tentang mengenal Negeriku. Kartini yang perlu diketahui oleh siswa adalah Kartini sebagai salah satu Pahlawan Indonesia. Siswa diberi pehamaman tentang apa itu Pahlawan ; Pahlawan adalah orang yang rela berkorban demi orang lain dan tidak memikirkan dirinya sendiri. Bahwa pada dasarnya kita semua bisa menjadi Pahlawan kalau kita mau berkorban untuk menolong sesama atau bahkan makhluk lainnya.

Pada perayaan kali ini anak-anak juga mengenakan pakaian daerah. Orangtua diminta menceritakan kepada anak tentang daerah asal pakaian yang dia kenakan, pada acara apa pakaian itu biasanya dikenakan. Siswa lainnya juga jadi bisa melihat secara visual nyata tentang Pakaian Daerah yang biasanya dilihat di Patung atau Buku Pelajaran.

Siswa juga diminta menghafalkan 3 lagu wajib yaitu : Indonesia Raya, Garuda Pancasila dan Ibu Kita Kartini. Secara acak ; Siswa yang tampil selain memperagakan pakaian daerahnya, dilakukan tanya jawab tentang pakaian yang dikenakan serta diminta mengambil gulungan kertas yang berisi salah satu lagu wajib dan diminta menyanyikannya.

Sangat membanggakan bahwa akhirnya semua siswa bisa tampil dengan baik dan benar-benar memahami tema pelajaran yang diajarkan. Kartini tidak bisa lepas dari baju daerah, tetapi hendaknya anak juga diberikan pemahaman tentang Hari Kartini itu sesungguhnya sehingga tidak kehilangan makna menjadi HARI SEWA BAJU DAERAH…:-)

anak panah cyberhomeschooling KARTINI 3 KARTINI 1

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *