Biaya Homeschooling Murah Dibandingkan Sekolah Konvensional

Ilmu pengetahuan adalah hal esensial dalam perkembangan peradaban manusia, oleh karena itu tak heran jika biaya pendidikan menjadi mahal, meskipun tidak harus selalu demikian. Biaya homeschooling murah dibandingkan dengan sekolah formal, barangkali adalah solusi untuk mendapatkan pendidikan berkualitas di era modern ini.

Seperti kita ketahui, biaya sekolah makin hari makin meningkat. Apalagi jika anda berencana memasukkan anak-anak anda di sekolah internasional, biaya yang harus dikeluarkan adalah puluhan juta rupiah. Dengan harga sebesar itu memang sebanding dengan kualitas pendidikan yang diperoleh. Namun sebenarnya ada alternatif pendidikan berkualitas dengan biaya lebih terjangkau, yaitu homeschooling.

Bagi mereka yang belum akrab dengan homeschooling akan beranggapan bahwa pendidikan model ini juga sama mahalnya, karena anak-anak mendapatkan pelajaran secara privat atau semi privat, belum lagi buku-buku tidak bisa dipinjam dari perpustakaan sekolah. Padahal sebenernya biaya homeschooling murah dibandingkan sekolah konvensional.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk homeschooling bisa lebih murah karena orang tua akan menghemat biaya untuk uang gedung, uang seragam, uang saku dan uang transport. Bahkan untuk buku-buku bisa digantikan dengan materi online yang bisa diperoleh dari internet.

Pada dasarnya mengingat prinsip homeschooling adalah sebuah pendidikan yang dilakukan di rumah, dimana orang tua memiliki peran krusial, maka biaya homeschooling bisa diatur sesuai kebutuhan. Orang tua bisa memanfaatkan apapun yang ada di sekitar sebagai bahan untuk belajar. Namun untuk mendapatkan hasil maksimal, orang tua bisa mendaftarkan homeschooling bersama lembaga informal yang sekarang banyak bermunculan.

Lembaga akan mengirimkan guru atau tutor yang akan datang ke rumah beberapa kali dalam seminggu, dan memastikan bahwa semua pelajaran yang diterima anak meskipun bersifat fleksibel namun tetap mengacu pada kurikulum nasional.

Biaya homeschooling murah tetap bisa anda dapatkan meski anda bergabung dengan lembaga-lembaga ini. Misalnya lembaga anak panah (https://anakpanah.sch.id), anda hanya perlu membayar biaya pendaftaran dan administrasi, biaya materi belajar, dan biaya ujian. Total yang harus dibayarkan hanya sekitar beberapa juta rupiah. Mereka juga akan mengadakan ujian kesetaraan di akhir program, sehingga anak-anak anda tetap mendapatkan sertifikat setara dengan pendidikan formal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *