Metode Pendidikan Homeschooling Membuat Anak Lebih Mandiri

Homeschooling atau pendidikan sekolah rumah, sekarang ini bukan sesuatu yang baru di Indonesia. Sudah banyak keluarga yang menggunakan metode belajar rumah untuk pendidikan anak-anaknya. Kelebihan pendidikan sekolah rumah diantaranya adalah membuka ruang kemandirian dan kreatifitas. Anak tidak hanya belajar dengan pola klasik. Di homeschooling anak akan lebih dipersiapkan untuk kehidupan nyata dan mendapatkan pengetahuan lebih sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Ada beberapa metode pendidikan untuk menjalankan home education yang bisa dipilih salah satunya atau dikombinasikan antara yang satu dengan yang lainnya.

  1. Metode Montessori

Metode ini memiliki pandangan bahwa anak perlu diberikan kondisi untuk mau belajar bukan dituntun dengan materi-materi yang harus ia pelajari. Oleh sebab itu perlu adanya dukungan dari lingkungan yang tepat agar dengan sendirinya anak memiliki inisiatif mempelajari banyak hal. Biasanya dalam metode ini, pendidik akan menciptakan sebuah miniature kehidupan, dan lebih banyak dilakukan diluar ruangan dibandingkan di dalam ruangan, misalnya di halaman atau taman dengan bantuan beberapa peralatan permainan.

  1. Metode Terstruktur

Metode berikutnya adalah terstruktur atau istilah lainnya dikenal dengan school at home. Dalam metode ini jadwal belajar, susunan materinya diberlakukan dan diterapkan dengan disiplin. Anak akan banyak menggunakan perlengkapan belajar, seperti buku, kertas dsb. Metode ini lebih cocok digunakan untuk anak yang sudah beranjak dewasa dan ingin membuat proyek tertentu.

  1. Metode Unschooling

Berbeda dengan metode terstruktur pada metode ini lebih berbasis kepada kemerdekaan belajar. Namun orang tua tetap menjadi pendamping, mengarahkan dan menemani di segala aktivitas keseharian.

  1. Metode Unit Studi

Metode ini menerapkan semua mata pelajaran dijadikan menjadi satu tema. Metode ini cocok diberikan untuk banyak anak.

  1. Metode Charlotte Mason

Biasanya di dalam metode ini anak akan membaca buku lalu menceritakan kembali dengan bahasanya sendiri. Tidak hanya membaca, metode ini menekankan pada pengamatan alamiah, yaitu yang anak-anak temui sehari hari atau yang ada disekitarnya.

Demikian 5 metode pembelajaran homeschooling yang bisa dijadikan pilih sesuai kebutuhan masing-masing. Setiap metode tersebut berpeluang untuk dikembangkan dan disesuaikan. Hal itu pula yang diberikan jika mendalami pendidikan di www.anakpanah.sch.id. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *