Kegiatan Komunitas di FX Mall Residence, Kamis 1 September 2016

Pentingnya kegiatan komunitas bagi anak homeschooling !!

Pentinpenting-kegiatan-komunitas-bagi-anak-homeschoolinggnya sekali kegiatan komunitas dalam kehidupan anak homeschooling, walaupun anak – anak homeschooling belajar mandiri dirumah perlu sekali untuk hadir dalam kegiatan komunitas, karena didalam komunitas anak – anak dan para orang tua dapat saling berbagi dan satu sama lain memberikan kesaksian yang bisa saling menguatkan  yang pada tujuan akhir memberikan sesuatu yang positif bagi sistem pendidikan si anak tersebut.

Anak panah cyber homeschooling sebagai wadah dari komunitas anak – anak pesekolah rumah senantiasa mengadakan secara rutin pertemuan – pertemuan komunitas yang tempatnya fleksible dan memberikan suasana baru dan didalamnya ada  nuasa edukasi.

Komunitas  kelas  sekolah dasar.

Pada hari sabtu 1 september 2016  kemarin  kami mengadakan pertemuan komunitas kelas SD di salah satu tempat tinggal orang tua murid anak panah di  FX Residence tepatnya di Mall FX di Jl. Jend, Sudirman depan Istora Senayan Jakarta .

kegiatan-komunitas-cyber-homeschooling-anak-panahSuasa berlangsung dengan hangat dan cair sekali …..walaupun anak – anak ada yang baru pertama kali bertemua tetapi tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mereka bisa langsung akrab bermain seolah seperti mereka sudah berteman lama …..jadi anggapan bahwa anak homeschool tidak bisa bergaul atau geek ….. adalah salah. Hal ini sudah sering kami jumpai …pada dasarnya manusia adalah makluk sosial  yang mudah bisa bergaul dengan siapa saja.

Kegiatan bermain dan belajar

Acara dimulai pada jam 14.00  dimulai dengan ic breaker …. main tebakan dan kemudian anak – anak diminta presentasi untuk membawa masing – masing benda kesukaan dan mereka harus bisa menceritakan alasanya mengapa mereka menyukai benda – benda tersebut….tanpa canggung dan lancar mereka dapat menceritakan kepada audience kenapa mereka suka barang tersebut, karena biasanya anak – anak lebih mudah menceritakan sesuatu apa yang menjadi minat dan disukainya…. mereka tidak perlu belajar menghapal dan belajar mengingat – ngingakegiatan-komunitas-homeschooling-anak-panaht karena bisa mengalir dengan bebas karena sudah ada didalam mereka …. disinilah sebenarnya penting sistem pendidikan kita.

Pentingnya untuk membuat dan mengarahkan anak – anak membuat minat pada sesuatu pelajaran …bukan membuat dan memaksa mereka untuk menghafal …..misalnya jika kita menyukai atau menjadi fan dari artis tentunya  dengan penuh gairah dan semangat kita akan belajar untuk mengenal dan mengetahui  seluk beluk artis tersebut …..disinilah inti dari belajar dan sekolah adalah dapat bermain dan belajar tanpa ada tekanan dan paksaan .  by Bambang P.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *