Tristan Alif Naufal K7 : Atlit Cilik Berbakat Sepakbola di Kancah Internasional

Tristan Alif Naufal adalah bocah laki-laki asal Indonesia yang menimba ilmu sepak bola di Liverpool FC Internasional Football Academy, Jakarta. Tristan mulai dikenal saat ia menunjukkan kemampuannya mengolah bola di depan mantan pelatih BarcelonaPep Guardiola saat berkunjung ke Indonesia pada 30 Juni 2012 lalu.[1] Agar bakat Alif berkembang dengan baik, Guardiola menegaskan bakatnya harus kerap diasah. Dengan begitu bukan tidak mungkin jika Alif suatu saat mendapat tawaran kontrak dari Barca. “Dia harus kerap bermain dan berlatih. Entah itu di jalan, di rumah, maupun di sekolah”. “Barca mungkin memberikan tawaran kepadanya” komentar Guardiola mengenai Tristan.[2] Dan sekarang, pada tahun 2014 Alif berlatih di Ajax AmsterdamBelanda

Tristan Alif Naufal menjadi bahan pembicaraan setelah muncul video berjudul “Tristan Alif Naufal (Indonesia Football Star on The Making)” di Youtube pada 3 Maret 2012. Dalam hitungan seminggu video tersebut sudah ditonton 18 ribu. Video yang menampilkan kemahiran Alif dalam mengolah bola sontak membuat decak kagum masyarakat. Alif terbiasa bermain dengan pemain bertubuh lebih besar. Meski umurnya tujuh tahun, ia bermain untuk tim berumur 10 tahun di SSI Arsenal. Pelatihnya, Fanny Usup, memindahkan Alif ke level yang lebih tinggi karena kemampuanya melebihi teman seumurannya.

Menurut pelatihnya di LFCIFA, Tristan disebut memiliki bakat alami dan juga memiliki kepribadian yang baik. “Tristan adalah anak yang luar biasa. Sikapnya juga demikian. Dia selalu mendengarkan arahan pelatihnya dan selalu mencoba untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Namun, kita harus ingat, dia baru berusia tujuh tahun. Sekarang, dia harus belajar bagaimana caranya bermain dalam sebuah tim” ujar Paul Barratt, pelatih senior akademi LFCIFA.

Menurut ibunya, Irma S Lansano, Alif mengidolakan Andik Vermansyah, pemain andalan Persebaya 1927 dan Timnas Indonesia. “Andik kan kecil sama kaya aku,” kata Ibu ALif Irma Lansano, menirukan anaknya. Selain menyukai Andik, Alif juga mengagumi Luis Suarez, penyerang klub Liga Inggris Liverpool. Alif memakai seragam nomor tujuh supaya sama dengan Suarez. “Kalau Suarez main pasti dia nonton bareng,” kata Irma.

Saat ini Tristan merupakan siswa kelas 7 di Anak Panah Cyberschool dan dia merupakan siswa yang pandai terlihat dari hasil nilai tes nya yang selalu memuaskan, aktif mengerjakan setiap tugas yang diberikan via online. Nampak sekali bahwa meskipun jadwal latihannya padat tetapi Tristan selalu meluangkan waktu belajar , dengan dukungan fasilitas multimedia belajar Anak Panah , belajar jadi lebih mudah dimana saja, kapan saja & dengan siapa saja.(gd)

0 Comment(s)

  • by Krona Posted November 22, 2016 3:04 pm

    New and advanced techniques are appreciatable!!!

    • by administrator Posted November 22, 2016 3:04 pm

      We are updating as well!

  • by Mandana Posted November 22, 2016 3:05 pm

    It builds my confidence!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *