Keuntungan Belajar Homeschooling Bagi Anak

Sekarang sudah banyak orangtua yang memilih homeschooling untuk buah hatinya, namun tidak sedikit yang masih meragukan pola dan metode pendidikan homeschooling. Dalam artikel ini kita akan memberikan paparan mengenai keuntungan belajar homeschooling yang bisa didapatkan dan dirasakan, khususnya bagi anak didik. Apa saja keuntungannya? Yuk, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Jadwal Belajar Mengajar Lebih Fleksibel

Berbeda dengan sekolah formal, dimana jadwal belajarnya sudah ditetapkan. Pada homeschooling, jadwal belajarnya bisa disesuaikan dengan keinginan. Sehingga anak belajar pada waktu yang mendukung. Namun bukan berarti cair. Ada kesepakatan di awal sehingga anak tetap disiplin, siap dan menyambut waktu belajar dengan senang.

Selain itu anak bisa belajar dimana saja dan kapan saja. Tidak selalu harus duduk di kursi dalam satu ruangan. Anak bisa belajar sambil bermain bahkan bisa belajar di luar ruangan dibawah atap langit, sambil kemping.

Terhindar Dari Hal Yang Negatif

Banyaknya kasus bullying di sekolah dan kenakalan remaja menjadi salah satu alasan orang tua takut dan cemas saat melepaskan anaknya di sekolah-sekolah formal. Dengan sekolah di rumah, menjadi salah satu solusi terhindar dari hal-hal yang negatif.

Dapat Materi Tambahan Sesuai Hobi Yang Disukai Anak

Di sekolah formal kita mengenal ekstrakulikuler, lalu bagaimanan dengan sekolah di rumah? jangan khawatir, selain mendapatkan materi umum seperti di sekolah formal, anak anak bisa mengembangkan dirinya dengan belajar materi tambahan sesuai dengan minatnya. Contohnya melukis, menari, bermain alat musik, dan juga bernyanyi.

Kedekatan Orangtua Dan Anak Semakin Terjalin

Waktu orangtua dan anak semakin banyak, artinya kesempatan membuat ikatan bisa semakin kuat. Anak mendapatkan waktu yang berkualitas bersama orangtuanya di rumah dengan bermain, belajar bahkan saat melakukan kegiatan lainnya di rumah. Selain itu ada banyak pelajaran yang dihubungkan dengan orang tua dalam praktek di kehidupan nyata.

Proses Sosialisasi Dan Interaksi

Banyak orang yang menganggap anak yang melakukan pendidikan di rumah menjadi tidak bisa bersosialisasi alias kuper. Padahal tidak demikian, anak bisa belajar berinteraksi dan bersosialisasi dengan banyak orang mulai dari umur yang berbeda, latar belakang yang berbeda. Karena bukan hanya orang tua yang menjadi fasilitator tapi juga staff pengajar di tempat les.

Demikian pembahasan beberapa keuntungan homeschooling yang bisa dirasakan dan didapatkan khususnya bagi anak-anak peserta didik. Ingin tahu tentang sekolah non formal ini? Maka bisa langsung mencari tahu di www.anakpanah.sch.id. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *