Kenapa Pendidikan Murah Yaitu Homeschooling?

Setiap orang tua pasti menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Namun kadang mereka harus bekerja membanting tulang demi bisa menyekolahkan anak-anaknya ke sekolah ternama dengan kualitas yang baik. Kini ada solusi pendidikan murah yaitu homeschooling yang tidak akan menguras kantong dengan kualitas pendidikan yang tidak main-main.

Apabila kita bandingkan dengan sekolah formal pada umumnya, homeschooling memiliki keunggulan dari segi biaya yang terjangkau. Alasan kenapa pendidikan murah yaitu homeschooling, adalah karena dengan metode sekolah rumah ini orang tua tidak perlu mengeluarkan biaya untuk uang gedung sekolah, uang buku atau seragam, dan juga hemat uang saku dan uang perjalanan pulang-pergi ke sekolah.

Metode pendidikan alternatif ini menekankan pembelajaran yang menyenangkan di rumah, sehingga semua pengeluaran seperti yang disebutkan di atas bisa dihemat atau bahkan diabaikan. Dan sebenarnya proses belajar tidak harus melulu dilakukan di rumah, melainkan bisa dimana saja, kapan saja, dengan materi sesuai dengan minat anak, atau dengan kata lain membuat anak-anak merasa nyaman dan senang belajar seperti berada di ‘rumah’.

Awalnya model pendidikan ini dilakukan oleh para orang tua yang kecewa dengan sistem pendidikan formal, yang dianggap terlalu menekan anak-anak dengan materi yang padat dan belum tentu aplikatif. Ada pula orang tua yang khawatir jika anak-anak jauh dari pengawasan maka anak-anak bisa salah pergaulan, atau bertemu orang-orang dengan maksud buruk di luar sana. Maka mereka berkomitmen untuk memindahkan sekolah ke rumah, di mana orang tua menjadi guru utama yang bertanggung jawab memberikan semua pengetahuan yang dibutuhkan oleh anak untuk tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang mandiri dan tangguh, mampu menjadi solusi bagi persoalan-persoalan di sekitar.

Ada pula orang tua yang memilih homeschooling karena alasan biaya. Ya, pendidikan murah yaitu homeschooling memang menjadi daya tarik tersendiri. Orang tua bisa mengatur pengeluaran untuk pendidikan anak sesuai kebutuhan. Orang tua juga bisa mendaftarkan anak-anak ke lembaga pendidikan informal untuk mendatangkan tutor atau guru yang akan membantu memberi pelajaran kepada anak-anak, agar apa yang dipelajari tetap sesuai dengan kurikulum nasional. Untuk informasi lebih lanjut, silakan klik https://anakpanah.sch.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *