Komitmen Untuk Mewujudkan Pendidikan Murah Yaitu Homeschooling

Salah satu kunci keberhasilan pendidikan adalah komitmen yang kuat dari penyelenggara pendidikan itu sendiri. Komitmen ini menekankan pada kualitas pendidikan, bukan dari biaya. Barangkali salah satu penyelenggara pendidikan yang berkomitmen untuk mewujudkan pendidikan murah yaitu homeschooling.

Kulitas vs Biaya

Ada banyak penyelenggara pendidikan hadir dengan slogan-slogan komitmen pada kualitas, namun tidak jarang dengan mengatasnamakan kualitas maka biaya pendidikan menjadi sangat mahal. Memang bisa dimengerti kenapa sekolah-sekolah unggulan dengan reputasi yang baik pada umumnya juga menerapkan biaya sekolah yang mahal untuk murid-muridnya. Pendidikan berkualitas membutuhkan fasilitas pendidikan yang muktahir juga guru-guru yang mumpuni, dan semua itu tidaklah murah.

Meski demikian ada pula pihak-pihak penyelenggara pendidikan tertentu yang berkomitmen memberikan pendidikan berkualitas dengan biaya terjangkau, karena pada hakikatnya pendidikan bersifat sosial dan bukan komersil. Salah satu pendidikan murah yaitu homeschooling.

Komitmen Pendidikan Murah dan Berkualitas

Pada dasarnya homeschooling adalah metode pembelajaran yang diselenggarakan di rumah. Sekolah alternatif ini menawarkan konsep pendidikan yang nyaman dan menyenangkan untuk anak-anak. Proses belajar bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, dan anak-anak bisa memilih materi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Model pendidikan seperti ini akan mengembangkan setiap potensi dan keunikan anak dengan maksimal.

Orang tua bisa bekerjasama dengan lembaga pendidikan informal, seperti https://anakpanah.sch.id/ untuk penyelenggaraan proses belajar mengajar yang terbaik. Tim tutorial dari lembaga ini akan berkunjung ke rumah beberapa kali dalam satu minggu dan memastikan bahwa semua pembelajaran anak berjalan efektif, selain juga tetap mengacu pada kurikulum nasional.

Komitmen orang tua dan juga lembaga pendidikan informal ini menjadi kunci keberhasilan dari model sekolah rumah ini. Bersama mereka bahu membahu untuk menciptakan suasana belajar kondusif dan efektif untuk anak-anak. Meski melibatkan pihak ketiga, yaitu lembaga pendidikan informal, namun pendidikan murah yaitu homeschooling tetap bisa diwujudkan. Hal ini disebabkan bahwa materi belajar bisa didonlot dari internet atau dengan memanfaatkan apapun yang ada di sekeliling kita. Berbagai macam biaya juga bisa dielimanasi, seperti biaya gedung, seragam, uang perjalanan pulang-pergi anak ke sekolah dan juga uang jajan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *