4 Tips Bagi Orang Tua Sebelum Memulai Homeschooling

Pendidikan homeschooling atau sekolah rumah bisa menjadi pilihan untuk anak mendapatkan ilmu pengetahuan layaknya di sekolah formal. Sekarang sudah banyak sekolah rumah yang berkualitas yang bisa dijadikan pilihan. Namun sebelum memulai ada beberapa tips untuk dipersiapkan, di antaranya adalah:

  1. Mulai Dari Usia Pra-School

Ada baiknya menerapkan metode pendidikan sekolah rumah pada waktu anak usia pra-sekolah. Mengapa? Karena pada usia tersebut kita bisa membentuk karakter anak dengan baik. Selain itu kita bisa mengetahui dan menemukan keunikan kegemaran dan cara belajar anak.

  1. Orang tua Turut Serta Dalam Proses Belajar

Di metode sekolah rumah, bukan hanya anak yang belajar tapi juga orang tua. Karena metodenya menitikberatkan pada keluarga maka orang tua juga dituntut mempersiapkan diri dengan belajar.

  1. Konsultasi Dan Tukar Pikiran Dengan Praktisi Homeschooling

Setiap keluarga memiliki pola dan cara penerapan sekolah rumah yang berbeda-beda. Ada keluarga yang menyesuaikan pendidikannya dengan karakter anak, namun ada juga yang menetapkan jadwal belajar harian atau mingguan. Perbedaan tersebut ada karena perbedaan kebutuhan. Oleh sebab itu untuk mengetahui pola dan cara yang tepat, salah satunya adalah bertanya, konsultasi dan tukar pikiran dengan para pengajar atau praktisi yang ahli dibidangnya.

Atau bisa mengikuti klub, grup perkumpulan keluarga yang menerapkan metode pendidikan sekolah rumah. Dengan begitu, Anda bisa belajar dan bertukar ide.

  1. Jaga Kekompakan Orang Tua

Saat memutuskan anak mengikuti pendidikan sekolah rumah, yang pertama harus dilakukan orang tua adalah menjaga kekompakan dan menyatukan visi misi mau dibawa ke arah mana pendidikan anak, sehingga menjadi lebih terarah. Selain itu, seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, sekolah rumah basicnya adalah keluarga maka dengan kekompakan orang tua dan mendampingi anak belajar dapat membuat anak merasa nyaman dan semangat belajar.

Demikian tips yang harus dipersiapkan orang tua sebelum anak mengikuti homeschooling. Sekolah rumah bisa dijadikan pilihan bagi anak yang patut dipertimbangkan. Seperti kita ketahui dan sepakati bahwa pendidikan adalah sebuah proses hidup dimana anak-anak akan menemukan ilmu, pengetahuan dan nilai-nilai yang bermakna bagi dirinya kelak dimasa yang akan datang.

Untuk tips lainnya pun bisa didapatkan di www.anakpanah.sch.id sebagai lembaga terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *