Build the Community

Kunci sukses dari pelaksanaan pendidikan rumah atau homeschooling yang banyak dilirik oleh orang tua modern dewasa ini, bukan saja terletak pada peran orang tua dalam memberikan pembelajaran ke anak-anaknya, melainkan juga keterlibatan keluarga dalam komunitas homeschooling.

Di dalam komunitas ini, di antara orang tua bisa saling membagikan pengalaman mereka tentang kiat-kiat tertentu dalam menghadapi berbagai persoalan dalam proses homeschooling. Apabila kita bicara tentang tahap-tahap perkembangan anak-anak, tentunya akan selalu terdapat masalah di setiap fase-nya. Di sekolah formal, tanggung jawab dalam menghadapi problematika perkembangan anak ini dibagi antara orang tua dengan guru di sekolah, namun dalam model pendidikan homeschooling anda bisa membaginya dengan sesame orang tua yang juga menerapkan model pendidikan ini. Dukungan antar keluarga ini akan membuat proses pembelajaran di masing-masing rumah bisa berjalan lebih efektif.

Model homeschooling sendiri sebenarnya ada berbagai jenis. Ada homeschooling dengan pelaku tunggal, dimana satu keluarga menyelenggarakan pendidikan untuk anak-anak mereka sendiri. Ada pula model homeschooling yang dilakukan oleh lebih dari satu keluarga. Dan yang terakhir, model homeschooling yang dikoordinasi oleh sebuah lembaga.

Tentunya anda bebas menerapkan model homeschooling manapun yang menurut anda terbaik untuk anak-anak anda. Namun, meskipun anda lebih nyaman dengan model homeschooling tunggal, disarankan agar anda tetap menjalin komunikasi dengan keluarga-keluarga lain yang juga mempraktekkan homeschooling di rumah mereka. Anda bisa membangun komunitas homeschooling ini sendiri dari nol, atau bisa juga bergabung dengan komunitas yang sudah lebih dulu berdiri.

Apabila anda berniat membangun komunitas anda sendiri, anda bisa menemukan keluarga-keluarga praktisi homeschooling ini di lingkungan sekitar rumah anda, dengan demikian komunitas yang terbentuk akan lebih hidup. Bisa pula melalui rekan-rekan kerja di kantor, ataupun juga melalui forum-forum homeschooling online.

Interaksi dua keluarga atau lebih dalam komunitas homeschooling akan menjadi pelengkap dan penyempurna proses pembelajaran itu sendiri. Anak-anakpun akan mendapatkan kesempatan untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya seperti layaknya sekolah konvensional, dengan jadwal pertemuan yang bisa diatur menyesuaikan kebutuhan, dan www.anakpanah.sch.id selalu siap untuk membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *