Komik Membuat Otak Lebih Cerdas

Meskipun kerap dikonotasikan sebagai bacaan anak-anak, dalam realitanya masih cukup banyak orang dewasa yang menikmati komik. Buku bergambar memang bisa sangat menarik untuk diikuti ceritanya mengingat kita bisa langsung menikmati ekpresi-ekspresi tokoh-tokoh yang ada di dalamnya. Selain bisa menjadi teman untuk menghabiskan waktu, komik ternyata memiliki berbagai manfaat lain bagi kita. Berikut manfaat yang bisa didapatkan dari membaca komik.

Salah satu murid Anak Panah Homeschooling sedang membaca komik edukasi pada Fieldtrip ke Perpusnas (21/2/19).
Salah satu murid Anak Panah Homeschooling sedang membaca komik edukasi pada Fieldtrip ke Perpusnas (21/2/19).
  1. Meningkatkan fungsi otak
    Saat kita menikmati alur cerita yang menarik dari sebuah komik, aktivitas neuron di dalam otak saat kita membaca hingga beberapa hari setelah membaca ternyata bisa mengalami perubahan. Adanya perubahan ini ternyata bisa membuat otak akan jauh lebih baik dalam memproses informasi.
  2. Membuat kita berpikir dengan lebih kreatif
    Saat kita membaca komik, kita ternyata juga membaca kombinasi dari berbagai macam elemen baik itu teks, narasi, dan juga ilustrasi. Hal ini ternyata membuat otak kita berpikir dengan kombinasi yang berbeda dan pada akhirnya meningkatkan kreatifitas. Bagi orang tua yang berpikir jika komik tidak ada gunanya bagi kecerdasan anak, ada baiknya mulai mempertimbangkan ini kembali karena dengan membaca komik, anak justru akan semakin cerdas dan kreatif.
  3. Lebih baik dalam menganalisis masalah
    Banyak orang yang berpikir jika komik hanya akan memberikan cerita lucu dan segar. Padahal, ada cukup banyak tema dan topik baik itu yang cukup ringan hingga yang cukup rumit. Dengan menikmati alur dan konflik cerita di dalam komik, otak kita dipaksa untuk menganalisis dan memecahkan masalah. Hal ini ternyata bisa berimbas positif pada kemampuan kita memecahkan masalah di dunia nyata.
  4. Meningkatkan kemampuan verbal
    Suka membaca, termasuk diantaranya membaca komik, ternyata memang bisa meningkatkan kemampuan verbal. Kita bisa menemukan percakapan dan kosakata baru dari komik sehingga kemampuan berbahasa kita pun akan semakin baik. Selain itu, narasi di dalam komik juga akan membantu anak-anak lebih baik dalam menjabarkan sebuah cerita.

Jadi bukan hanya buku setebal ensiklopedia saja yang bermanfaat, namun komik yang selama ini dikonotasikan tidak memiliki nilai edukasi justru juga dapat menjadi sarana mengasah kecerdasan si pembaca.

Penulis: Tim Anak Panah Homeschooling

Dokumentasi: Pribadi (Field trip Anak Panah ke Perpustakaan RI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Hello, Anak Panah Cyberschool is here..
What do you want to know about this school ?
Powered by