FAQ

Pertanyaan Seputar Homeschooling

1. Bagaimana dasar hukum ?

UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia : Pasal 31 Ayat (1)   Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Ayat (2), Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan menengah
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional : UU No. 20 / 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional Pasal 27 : Kegiatan pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri. Hasil Pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat ( 1) diakui sama

2. Legalitas Anak Panah Homeschooling ?

1. Yayasan Anak Panah Bangsa, Akta Notaris Djoko Karyoso  SH, M.Kn. No. 66
2. SK. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia  No. AHU-0028905.AH.01.04
3. Ijin operasional pendidikan non formal dari dinas pendidikan No. 4211/Kep.1123/PNFI/2012
4. NPWP : 76.520.004.3-411.000
5. Rekening sekolah  bank BRI Syariah An. Anak Panah Sch – No :1022167681 – KCP Intercon Plaza. Jakarta

3. Tujuan  ?

Membantu Pemerintah melaksanakan program wajib belajar 12 tahun.
Membantu orang tua dan siswa mengambil program wajib belajar 12 tahun lewat jalur alternatif diluar sekolah Formal, tetap dapat bersekolah walaupun mempunyai keterbatasan tidak dapat hadir secara fisik ke sekolah formal karena alasan tertentu.

4. Kurikulum  ?

KTSP : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kurikulum yang digunakan saat ini tahun 2015. sama dengan yang digunakan sekolah formal.

5. Kegiatan belajarnya ?

Distance Learning / Jarak Jauh, dapat via offline dan online, dimana anak belajar secara mandiri di rumah, biasanya didampingi oleh orang tua secara pribadi atau pengajar private yang di tunjuk oleh orang tua.

Komunitas sekolah online dengan Google Classroom untuk siswa Distance Learning

Komunitas Belajar  Setiap hari Rabu dan Jumat  Jam 10.00 – 13.00  kampus Universitas Multimedia Nusantara. Gading Serpong. Tangerang.

Komunitas  Belajar   Setiap hari Senin – Jumat  10.00 – 14.00.  Jl. Duri Kosambi No.49. Depan Superindo Duri Kosambi ( dekat KFC Taman Semanan )
6. Modul Belajar siswa  ?

Buku Paket Kurikulum KTSP 2006. Dari Pusat Perbukuan Nasional, Sesuai dengan Badan Standard Nasional Pendidikan diterbitkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
DVD Tutorial : berisi video pelajaran dari buku kurikulum KTSP. Lengkap untuk 1 tahun ajaran masing – masing kelas atau tingkatan, sebagai guru private siswa pembelajar mandiri.

7. Bagaimana Nilai Rapor?

Nilai raport diambil dari ulangan bulanan dilakukan ulangan secara online, dalam waktu tertentu berdasarkan kesiapan dan kemampuan siswa. Dapat dibaca link sbb : http://www.anakpanah.sch.id/index.php/test-online-siswa

8. Pendaftaran dan Paket Siswa ?

Pendaftaran masuk bisa kapan saja dan bisa dimana saja, secara online : http://www.anakpanah.sch.id/index.php/component/chronoforms5/?chronoform=registrasi-online
Paket yang diterima oleh Siswa Anak Panah : 1. DVD Video Tutorial, 2. DVD Multimedia, 3. Buku Paket Pelajaran, 4. Kaos, 5. Topi, 6. Kartu Pelajar, 7. Buku Kegiatan Belajar. 8. Raport , 9. Flasdisk Aplikasi. 10. Akses Online Test: test.anakpanah.sch.id,11. Akses Email Siswa : namasiswa@anakpanah.sch.id, 12 Aplikasi Sekolah Playdate.

9. Apa perbedaan siswa reguler dan siswa distance learning/ DL  ( jarak jauh )  ?

Siswa reguler adalah siswa yang datang ke komunitas setiap seminggu 2x dikenakan iuran bulanan Rp.  sedangkan siswa DL tidak ada biaya iuran bulanan.

Bisa, Ijasah SD & SMP dapat digunakan untuk masuk ke sekolah formal, dan Ijasah SMA dapat digunakan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, karena dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Setempat.

10. Apakah siswa SAP dapat melanjutkan ke formal ?

Bisa, secara undang undang permendikbud PP. No. 17. Tahun 2010 No. 73 ayat 1-3, tetapi kembali kepada kebijakan sekolah yang akan dituju karena merupakan kewenangan sekolah masing – masing.

Sekolah Anak Panah menyarankan jika sudah mengambil homeschooling cyberschool diselesaikan saja sampai tahap mendapat Ijasah SD/SMP/SMA, kemudian langsung melanjutkan ke Strata yang lebih.

11. Apakah Ijasah dapat digunakan untuk melanjutkan ke Jenjang lebih tinggi SMP, SMA & Perguruan Tinggi  ?

Bisa, Ijasah SD & SMP dapat digunakan untuk masuk ke sekolah SMP dan SMA formal, dan Ijasah SMA dapat digunakan untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, karena dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Setempat.

12. Dimana dilaksanakan Ujian Nasional ?

Dinas Pendidikan Wilayah Rayon.  Tangerang Selatan & Jakarta Barat DKI Jakarta

13. Kapan waktu Ujian Nasional ?

Ujian Nasional di laksanakan pada hari dan tanggal yang sama dengan sekolah formal, hanya waktunya di siang hari setelah sekolah formal selesai melaksanakan UN

14. Bagaimana dengan siswa SAP Distance Learning ( Jarak Jauh ) diluar Jabodetabek ?

Tutorial bimbingan Persiapan menghadapi Ujian Nasional dikirimkan dalam bentuk Video dan Makalah.