Training Lifeskill di Retreat

Training Camp 9-11 Feb 2023

Camp Anak Panah adalah sebuah kegiatan rutin yang diadakan oleh Anak Panah dalam rangka memberikan pembinaan kepada para siswa tentang Budi Pekerti, Kepemimpinan, Berpikir Kreatif dan Kerjasama.

Dalam Camp Anak Panah yang diadakan di Gedung Sekolah Anak Panah Bogor – Jawa Barat  pada tanggal 09 – 11  Februari 2023 yang lalu bertema Pentingnya Life Skill atau Keterampilan Hidup bagi Remaja , dengan peserta 50 siswa-siswi Anak Panah yang berasal dari berbagai daerah menyajikan menu pelatihan yang berbeda dari Camp Anak Panah sebelumnya. 

Pada camp kali ini , para siswa diberikan pelatihan tentang cara bercocok tanam dengan Hidroponik dan cara membuat produk Keripik Pisang dan Keripik Singkong.

Untuk diketahui Anak Panah sebagai Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dalam rangka pembinaan kewirausahaan, para siswa dibantu guru-guru pengajar ;  memproduksi sendiri Sayuran Hidroponik yang ditanam di lahan halaman Gedung Sekolah Anak Panah serta akhir-akhir ini juga mencoba membuat Produk Keripik Pisang dan Keripik Singkong dan hasil produksi ini nantinya juga akan dikembangkan terus dengan berbagai varian rasa, dan bentuk-bentuk produksi UMKM lainnya.

Mengapa Hidroponik dan Keripik ?

Karena Hidroponik adalah cara bercocok tanam yang mudah dan relatif terjangkau dari segi modal usahanya. Dengan kondisi keterbatasan lahan dan situasi seperti pandemi covid yang lalu,, memungkinkan kita bisa menghasilkan bahan pangan sendiri yang menyehatkan , dan juga jika dikerjakan dengan skala besar bukan mustahil bisa dipasarkan. Karena minat masyarakat terhadap makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan juga selalu meningkat.

Keripik adalah makanan kesukaan hamper sebagian besar orang.  Keripik pisang dan singkong berasal dari bahan yang mudah diperoleh di sekitar kita , jadi kemungkinan untuk terjadi kelangkaan atau kesulitan bahan bisa diminimalisasikan.  Cara pembuatan dan alatnya pun mudah didapatkan.  Dengan berbagai kreasi dan modifikasi , diharapkan para siswa bisa membuat snack kekinian yang nantinya bisa dipasarkan dan menghasilkan uang.

Dalam camp kali ini juga para siswa belajar membuat Desain Produk dan Presentasi Promosi produk Keripik Pisang dan Keripik Singkong Anak Panah.  Hal  ini tentunya bertujuan menggali kreatifitas dan inovasi para siswa untuk bisa menjual suatu produk supaya menarik perhatian calon pembeli.

Selain kegiatan di atas , seperti biasa aktifitas Camp Anak Panah juga diselingi dengan Workshop tentang Pengelolaan Uang dan Pentingnya Life Skill untuk Remaja.

OSIS Anak Panah juga beraksi dengan menyajikan berbagai permainan menarik yang bisa dimainkan baik secara Tim maupun Individu yang diperhitungkan dengan Uang ( Mainan ) , tujuan dari permainannya adalah agar setiap siswa memiliki daya juang untuk bekerjasama baik sendiri maupun bersama tim guna mencapai tujuan sesuai waktu yang ditentukan , focus memecahkan masalah dan sportifitas dalam berkarya.

Saat mengikuti Camp Anak Panah, semua siswa akan mendapatkan pengalaman seru dan mendidik. Kembali pulang dengan keterampilan baru yang bisa meningkatkan kualitas diri. Mulai dari keterampilan social, kepemimpinan dan teknologi.  Di Camp Anakk Panah , merupakan tempat yang aman dan nyaman . Semua siswa bisa bermain dan belajar tanpa takut diintimidasi oleh orang lain, selain itu bisa meng eksplorasi minat dan bakat secara bebas. Di Camp Anak Panah diajarkan kerjasama dengan orang lain, memecahkan masalah secara kreatif dan efektif yang tentunya menjadi bekal yang berharga bagi masa depan.

Saat mengikuti camp remaja, kamu akan mendapatkan pengalaman yang seru dan mendidik. Di sana, kamu akan diajarkan keterampilan-keterampilan baru yang bisa meningkatkan kualitas dirimu. Mulai dari keterampilan sosial, kepemimpinan, hingga keterampilan teknologi.

Oh iya, selama camp remaja, kamu juga akan diarahkan oleh para mentor yang berpengalaman. Mereka akan membantu kamu mengembangkan potensimu dan memberikan inspirasi untuk masa depanmu.

Jangan sampai ketinggalan Camp Anak Panah berikutnya ya. Salam Anak Panah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *