Kegiatan Bakti Sosial Anak Panah 2022

Setelah vakum selama 2 tahun dikarenakan Pandemi , Anak Panah di tahun 2022 ini kembali mengadakan event Bakti Sosial yaitu pada tanggal 27 April dan 08 Juni 2022.  Team Anak Panah yaitu para guru dan siswa yang tergabung dalam Team Voulenteer Anti Gravity Anak Panah langsung terjun ke lapangan menyalurkan donasi yang berupa Uang dan Barang-Barang seperti ; pakaian bekas, buku pelajaran dan buku bacaan, alat peraga dan mainan serta makanan ringan kepada anak-anak kurang mampu yang ada di 2 lokasi.

Donasi dihimpun selama kurang lebih 2 minggu dari para siswa Anak Panah yang berada di pelosok tanah air termasuk juga yang berada di luar negeri dan disambut dengan antusiasme yang luar biasa. Sehingga Tim Volunteer pun disibukkan dengan kegiatan membongkar dan menata barang-barang yang akan diberikan.

Bakti Sosial pertama diadakan di Sekolah Kita Rumpin Bogor Jawa Barat dan Bakti Sosial kedua diadakan di Rumah Baca Peka Pamulang Tangerang Selatan. Di setiap tempat kira-kira ada 20 – 30 anak yang hadir dan menerima donasi tersebut.  Area Bogor dan Tangerang dipilih karena letaknya dekat dengan lokasi Sekolah Anak Panah.  Sekitar 20 orang Tim Guru dan Siswa Volunteer terlibat dalam kegiatan tersebut.

Para acara tersebut  siswa diberikan kesempatan untuk secara mandiri bekerjasama dan merencanakan acara bermain dan belajar yang akan dilakukan bersama  dengan komunitas anak-anak di lokasi tersebut.

Kegiatan ini disambut dengan baik oleh pihak  Sekolah Kita Rumpin maupun dari Rumah Baca Peka Pamulang mengingat dalam kondisi pandemi akhir-akhir ini kunjungan dan kegiatan yang diadakan di area tersebut sudah agak jarang dilakukan.

Sisi positif dari kegiatan ini adalah membangkitkan jiwa sosial dari anak-anak untuk peduli kepada keadaan lingkungan dan berempati kepada sesama.  Memang kondisi pandemi membuat kita jadi harus menjaga jarak. Tetapi tidak juga membuat kita harus menutup mata untuk keadaan di sekitar kita.

Menepis anggapan bahwa siswa homeschooling selalu berada di zona nyaman sehingga sulit berinteraksi dengan dunia luar. Dan pembelajaran online membuat siswa jadi tidak tau bagaimana cara berinteraksi dengan dunia nyata.  Itu adalah salah.

Melalui kegiatan Bakti Sosial ini ada Nilai lebih yang bisa didapatkan dan pelajaran yang tidak didapatkan di kelas.  Semoga kegiatan ini bisa terus dapat dilaksanakan oleh Anak Panah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *