Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional Indonesia (atau lebih dikenal dengan nama Museum Macan) adalah sebuah museum arkeologi, sejarah, etnografi dan geografi yang terletak di Jakarta Pusat dan persisnya di Jalan Merdeka Barat 12. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Semua murid Anak Panah Cyberschool dari kelas 1-5 dan 9-11 melaksanakan field trip ke Museum Macan tersebut pada tanggal 25 May, 2022, hari Rabu. Grup Anti-Gravity Anak Panah juga datang sebagai volunteer dalam field trip tersebut, mereka bertugas untuk membantu dalam mengatur siswa dan membuat dokumentasi.

Semua murid dan panitia Anak Panah Cyberschool berkumpul di Museum Macan pada jam 8. Mereka memulai keliling museum dari jam 9 s/d jam 11. Dengan mengelilingi museum, semua murid diberikan waktu untuk mempelajari artefak-artefak (seperti prasasti, arca kuno, dll) yang ditampilkan serta diberikan penjelasan tentang cerita sejarah dibaliknya.

Dalam Museum Macan, juga ada ruang baru imajinasi yang dinamakan ruang ImersifA, yaitu sebuah ruang seluas 12×21 meter persegi yang mempunyai dinding yang mengelilingi dan lantai yang dipijak menjadi layar yang memutarkan pertunjukkan.

Sesi 1 semua murid dan panitia field trip masuk kedalam ruang ImersifA mulai jam 11 s/d jam 12, lalu diberikan 30 menit untuk beristirahat dan makan siang, serta berfoto-foto.

Sesi 2 mulai lagi jam 13 s/d 14. Dalam sesi ImersifA tersebut, semua murid menikmati seni audio visual dalam sudut 360 derajat yang memungkinkan mereka seolah berada di dalam alam video.

Dengan melaksanakan sesi ruang ImersifA tersebut, murid-murid mengeksplorasi keanekaragaman alam Indonesia, seni dan budaya, kerukunan beragama hingga pengalaman eksotik menembus batas berbagai motif-motif tradisional Indonesia yang tersebar di berbagai koleksi museum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *