Retreat SD di Anak Panah Camp

Pendidikan tidak hanya terjadi di dalam ruang kelas, tetapi juga melalui pengalaman dan kegiatan di luar sekolah. Salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan kreativitas dan budi pekerti baik pada anak-anak adalah melalui kegiatan CAMP ANAK PANAH.  Sehari-hari anak-anak yang berhadapan dengan laptop , hp dan aneka gadget lainnya dan berinteraksi dengan teman-teman secara online , dikhawatirkan akan memiliki rasa empati yang rendah kepada perasaan orang lain.  Yang merupakan fenomena saat ini adalah pengaruh buruk dari penggunaan social media pada anak-anak yang membuat anak terbiasa melakukan sesuatu tanpa perasaan sesungguhnya. Contohnya : tertawa dengan emoji, meledek teman dan kemudian mematikan laptop atau hp , berbicara tanpa melihat , kurang menghargai perasaan orang lain dan kurang memiliki rasa hormat baik sesama maupun yang usianya lebih dewasa dari mereka. Dalam Camp Anak Panah, para Siswa dilatih untuk menjadi anak-anak yang kreatif dan memiliki budi pekerti yang baik.

Dalam Camp Anak Panah diberikan rangkaian acara yang menjauhkan anak-anak dari gadget untuk sementara waktu dan membiasakan diri berinteraksi dengan teman teman dunia nyata.  Belajar mencari kesibukan yang bermanfaat untuk mengisi waktu yang tersedia dengan olah raga, mengobrol , bermain dan sebagainya.  Diibaratkan kegiatan Camp menjadi sarana detoksifikasi anak-anak dari aktifitas rutin sehari-hari.  Kegiatan-kegiatan kreatif seperti seni dan kerajinan juga dapat diikuti selama kegiatan Camp Anak Panah.

Pada camp yang diadakan tanggal 09 – 10 Juni 2023 yang lalu, anak-anak diberikan pengarahan tentang karakter Anak yang memiliki Budi Pekerti yang baik dan juga Kreatif.  Kreatifitas dan Budi Pekerti jika dikombinasikan akan menjadi Anak Yang Berprestasi , sehingga bisa membanggakan keluarga.

Kegiatan kreatifitas yang dilakukan adalah melukis patung. Juga ada berbagai aktifitas Permainan yang membangun kebersamaan serta Diskusi tentang kasus-kasus Moral di kalangan anak-anak untuk mendapatkan opini jujur mereka.

Karena Camp kali ini adalah Camp penutup Semester 2 tahun ajaran 2022 – 2023  maka di malam harinya diadakan kegiatan Api Unggun , dimana semua bergandengan tangan dan memanjatkan doa agar siswa kelas 6 bisa lulus dengan hasil yang baik , dan yang lain bisa naik kelas dengan hasil yang memuaskan.

Saat mereka berada dalam lingkungan yang berbeda ,para siswa belajar untuk menghargai alam dan menjadi lebih sadar akan pentingnya menjaga kelestariannya dan kebersihan lingkungan. Anak-anak dapat belajar tentang tanggung jawab mereka terhadap lingkungan dan pentingnya kerjasama dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan teratur.

Kegiatan kelompok memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi dan berkolaborasi satu sama lain. Mereka belajar untuk bekerja sebagai tim, saling membantu, dan menghormati perbedaan satu sama lain. Hal ini dapat membantu mengembangkan budi pekerti seperti kerjasama, empati, dan toleransi.

Penting untuk mencatat bahwa Camp Anak Panah tidak hanya memberikan manfaat bagi perkembangan kreativitas dan budi pekerti anak-anak, tetapi juga menyediakan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan sosial mereka. Mereka dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi, membangun kepercayaan diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *