Ujian Pendidikan Kesetaraan Sma Tahun 2022

Siswa-siswi Anak Panah kelas 12 tahun ajaran 2021-2022 mengikuti pelaksanaan Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) pada tanggal 15 s.d 18 Maret 2022. Pelaksanaan UPK dilaksanakan selama 4 hari dengan durasi sekitar 4 jam per harinya. Terbagi menjadi dua jurusan, yaitu IPA dan IPS dengan total masing-masing jurusan mengerjakan 7 mata pelajaran. Proses pengerjaan UPK menggunakan aplikasi Setara Daring yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi khusus untuk pendidikan Non-Formal. Jumlah peserta yang mengikuti adalah 63 orang dengan pakaian seragam putih. Pelaksanaan ujian ada yang dilakukan secara online dan secara offline.

Pengerjaan ujian secara online diikuti dan dihadiri peserta dengan jumlah 44 orang, masuk melalui Google Meet dan menyalakan atau open kamera untuk menampilkan wajah dan layar laptop atau komputer pengerjaan UPK. UPK terbagi menjadi 2 sesi atau mata pelajaran pada masing-masing hari, kecuali pada hari terakhir hanya 1 mata pelajaran saja. Pada sela-sela waktu istirahat dan sebelum mulai sesi 2, dilakukan sesi foto bersama pada Google Meet sebagai bentuk dokumentasi. Untuk pengerjaan di Gedung Sekolah Bogor dihadiri dan diikuti oleh 12 peserta.

Untuk peserta ujian yang mengerjakan secara offline berjumlah 7 orang, berlokasi di Kantor Sekretariat Gading Serpong,Tangerang. Peserta yang mengerjakan secara offline, bertempat tinggal di sekitar Tangerang. Dengan jarak yang cukup dekat dari tempat tinggal masing-masing dan Kantor Sekretariat, para peserta tersebut memilih mengerjakan UPK dengan membawa laptop masing-masing untuk pengerjaan dan menggunakan akses internet di Kantor Sekretariat.

Pelaksanaan UPK selama 4 hari berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Diharapkan dengan pelaksanaan UPK jenjang SMA tahun 2022 ini menjadi pedoman dan pembelajaran untuk pelaksanaan UPK pada tahun mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *