Camp Anak Panah Tema “ Kemandirian Menuju Pendewasaan Diri “

Bisa dibilang bersekolah online dari rumah tidak bisa dilakukan dengan mudah. Ada saja tantangan yang perlu anak dan orang tua hadapi terkait pembelajaran yang baru ini. Salah satunya ialah mengenai kemandirian anak. Bersekolah dari rumah terkadang membuat anak-anak merasa malas dan tidak mandiri. Suasana pembelajaran yang berbeda, tidak adanya teman-teman, dan guru yang tidak dapat mengawasi secara maksimal menjadi beberapa alasan utama.

Ditambah dengan suasana rumah yang sering dianggap sebagai tempat beristirahat dan santai membuat anak semakin kehilangan kemandiriannya dalam bersekolah. Tak jarang anak-anak sering meminta bantuan orang tua dalam kegiatan belajar sekolahnya, bahkan bantuan saat ulangan. Tentu saja hal ini tidak baik jika dibiarkan terus-menerus. Sebab nantinya akan membuat anak jadi terbiasa mendapat bantuan dan tidak mandiri.

Untuk mengajarkan para siswa Anak Panah khususnya siswa – siswi kelas 3 – 6 ( setingkat Sekolah Dasar) untuk menjadi pribadi yang Mandiri maka digagaslah acara Camp Anak Panah yang digelar kembali di gedung Sekolah Anak Panah bertempat di Bojong Gede, Bogor Jawa Barat. 

Acara yang diikuti sekitar 30 orang siswa dan siswi kelas 3 – 6 Anak Panah ini berlangsung dari tanggal 16 – 17 September 2022. Dalam acara ini para siswa berangkat menggunakan bis sekitar pukul 08.00 dan tiba di lokasi pukul 12.00 disambut dengan hangat oleh Tim Anak Panah Bogor.               

Setelah tiba di lokasi, dilakukan pembagian kamar , pembagian regu , pembacaan peraturan dan pembagian tugas kepada semua peserta yang hadir.  Acara yang dipandu oleh Tim Guru Anak Panah dan OSIS Anak Panah berlangsung dengan sangat meriah.

Dengan usis siswa yang terbilang sangat muda yaitu dari usia 9 tahun , semua siswa yang ikut dilatih bisa menyelesaikan permasalahan baik secara individu maupun kelompok.  Makan sendiri, tidur sendiri , membawa dan menjaga barang-barang pribadinya sendiri , menyelesaikan konflik dengan teman, menyelesaikan soal –soal quiz tentang pelajaran yang diberikan oleh Mentor , bekerjasama dan bermain bersama dengan teman sebaya. 

Yang menjadi tujuan dari acara ini adalah agar nantinya sepulangnya dari Camp , para siswa dapat menjadi pribadi yang lebih aktif, komunikatif, mandiri dan percaya diri.  Semoga saja, Camp Anak Panah bisa menjadi sarana untuk melakukan pembinaan kepribadian siswa dengan cara yang menyenangkan dan dinanti nantikan.  Sampai jumpa di Camp Anak Panah berikutnya, dengan tema yang berbeda.

Salam Anak Panah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *