Manfaat Memilih Homeschooling Anak Bagi Orang Tua

Semua orang tua tentu menginginkan pendidikan bagi anaknya yang berkualitas dan ideal untuk anaknya. Pendidikan sekolah formal menjadi pilihan banyak orang. Namun bagi sebagian orang tua memilih pendidikan anak tidak selalu harus ke sekolah formal dan memilih memasukkan anaknya ke homeschooling. Sebenarnya apa manfaat homeschooling ?

Pilihan homeschooling atau pendidikan sekolah rumah muncul salah satunya adalah  karena adanya pandangan orang tua mengenai pilihan minat belajar anaknya. Ada banyak manfaat yang didapat dan dirasakan oleh anak yang mengikuti pendidikan sekolah rumah, namun ternyata manfaat itu dirasakan juga oleh orang tua, diantaranya adalah:

Ikatan Hubungan Antara Orang Tua Dengan Anak Menjadi Lebih Kuat

Karena waktu belajar dilakukan di dalam rumah maka waktu bersama anak menjadi lebih banyak. Orang tua bisa memanfaatkan waktu sehari-hari selain bermain juga diiringi dengan belajar. Selain itu, waktu luang bisa dimanfaatkan untuk melakukan hobi bersama anak dan banyak hal positif lainnya yang dilakukan bersama-sama yang berdampak positif bagi perkembangan anak. Terlebih lagi membuat mereka senang dan semakin akrab dengan orang tua.

Orang Tua pun Turut Belajar

Selama proses pendidikan sekolah rumah, bukan hanya anak yang belajar namun juga orang tua. Orang tua dituntut untuk dapat memahami dan membimbing anak sesuai dengan misi dan visi mau dibawa kearah mana mereka. Karena adanya keterlibatan langsung proses belajar, diskusi bersama maka orang tua menjadi lebih paham karakter dan minat anak.

Tidak Perlu Khawatir Dengan Pergaulan Negatif

Ada banyak kasus yang membuat orang tua khawatir memasukkan sekolahnya ke sekolah umum/ formal, seperti: tawuran, merokok, bullying dan hal negatif lainnya. Dengan menjalankanmetode belajar sekolah rumah, orang tua tidak perlu khawatir anaknya terbawa hal-hal negatif.

Biayanya Bisa Disesuaikan Dengan Kemampuan

Sekarang ini sudah banyak lembaga yang menyediakan homeschooling, yaitu lembaga yang bergerak di bidang jasa belajar mengajar yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Masalah biayanya bervariasi, dari yang terjangkau hingga yang mahal. Dalam hal ini orang tua bisa memilih lembaga pengajaran sekolah rumah yang sesuai dengan kemampuan finansialnya.

Demikian informasi mengenai keuntungan bagi orang tua jika memilih pendidikan sekolah rumah bagi anaknya. Kesimpulannya homeschooling yang dilakukan di www.anakpanah.sch.id adalah metode pendidikan yang tidak hanya melibatkan anak saja, namun juga orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *