Bahasa Program Untuk Anak

Belakangan ini, coding mulai menjadi trend bukan hanya di kalangan pekerja teknologi, tetapi juga merambah ke lingkup anak-anak bangku sekolah. Pasalnya selain merupakan penyokong penting di era Revolusi Industri 4.0 saat ini, kegiatan merangkai bahasa program ini juga bermanfaat untuk mengasah logika dan kreativitas. Pembelajaran bahasa coding kepada anak usia dini sepertinya terdengar sulit dilakukan, namun sebenarnya jika jenis bahasa program yang dipelajari tepat, maka manfaatnya akan lebih besar. Bahasa program yang cocok dipelajari anak antara lain:

  • Java

Java ini merupakan salah satu bahasa pemrograman atau bahasa coding yang dapat dipelajari oleh anak-anak. Java juga merupakan bahasa pemograman yang paling populer karena memiliki banyak kelebihan. Kelebihan yang akan anak anda dapat dengan belajar java ini adalah bahasa pemrograman ini bisa berjalan di dalam sistem operasi yang berbeda-beda serta bahasa pemrograman ini termasuk dalam pemrograman orientasi objek (OOP). Dengan demikian, anak-anak akan lebih mudah dalam melakukan penyusunan program.

  • Python

Phyton ini termasuk bahasa pemrograman yang berada di tingkat yang tinggi. Hal ini dikarenakan dengan anak-anak belajar python maka mereka akan dapat membuat aplikasi. Baik aplikasi yang berweb maupun aplikasi yang berbasis mobile. Walaupun python ini termasuk bahasa pemrograman yang memiliki tingkat tinggi, namun cukup mudah dipelajari untuk pemula seperti anak-anak. Dengan demikian, belajar python menjadi salah satu pilihan untuk mempelajari coding ini.

  • Visual Basic

Microsoft juga mengembangkan bahasa pemrograman salah satunya, yaitu visual basic. Yang dimana bahasa pemrograman ini menawarkan tentang IDE visual yang dapat digunakan dalam pembuatan software. Selain itu, bahasa pemrograman ini memang dirancang untuk membuat software-software yang memiliki basis operasi Windows. Visual basic ini merupakan bahasa pemroraman dari keturunan bahasa pemrograman Basic.

  • Javascript

Bahasa pemrograman ini dikembangkan oleh Netscape dan bahasa pemrograman ini kebanyakan digunakan untuk pengembangan web. Dengan penggunaan bahasa javascript maka anak-anak akan dapat membuat web yang mereka inginkan lebih interaktif serta menarik. Di negara kita tercinta, banyak orang yang memilih menggunakan bahasa pemrograman ini.

Dengan anda mengetahui beberapa bahasa pemograman yang ada, setidaknya anda bisa memilih salah satu atau beberapa untuk mengajari anak anda. Namun jika anda juga dirasa belum mampu untuk mengajarinya sendiri, anda dapat mendaftarkan si buah hati untuk belajar coding atau pemrograman di Sekolah Anak Panah (Anak Panah Cyberschool) melalui:

WA +62 818-777-673 atau bisa mencari tahu informasi lebih lengkap dengan mengakses www.anakpanah.sch.id/faqs .

Penulis: Clara (Tim Anak Panah Cyberschool)

Dokumentasi: Pribadi (Kelas Coding Anak Panah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Hello, Anak Panah Cyberschool is here..
What do you want to know about this school ?
Powered by